Sabtu, 14 Januari 2012

Kutipan, Daftar Pustaka dan Abstrak.


Pengertian Kutipan :
Kutipan, sebuah kata yang mungkin semua orang belum mengetahui maksudnya apa. Disini saya akan mengulas sedikit mengenai kutipan. Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Cara Membuat Kutipan :
Mengutip langsung, yaitu bentuk kutipan yang dilakukan secara langsung. Apabila menggunakan kutipan secara langsung, tidak diperkenankan mengubah atau memberikan tambahan pada naskah kutipan asli. Untuk mempermudah, gunakan tanda sic, yaitu diawali dengan tanda " dan diakhiri dengan tanda kutip ( " .. " ). Gunakan tiga titik berspasi ( . . . ) apabila ada bagian yang dihilangkan.
Mengutip tidak langsung, yaitu bentuk kutipan yang dilakukan secara tidak langsung. Kutipan tidak langsung terintegrasi dengan teks, diberi jarak antar baris yang sama dengan teks dengan tidak memberikan tanda kutip dan pada bagian depan atau belakangnya dicantumkan sumber kutipan.
Daftar Pustaka :
Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel- artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap. Bagi orang awam, bibliografi mungkin tidak penting artinya, tetapi bagi seorang sarjana seorang calon sarjana. atau scorang cendekiawan, daftar kepustakaan itu merupakan suatu hat yang sangat penting.
Jenis-jenis Daftar Pustaka :
1. Kelompok Textbook :
Penulisan perorangan.
Kumpulan karangan beberapa penulis dengan editor.
Buku yang ditulis atau dibuat oleh lembaga.
Buku terjemahan.
2. Kelompok Jurnal :
Artikel yang disusun oleh penulis.
Artikel yang disusun oleh lembaga.
Kelompok makalah yang dipresentasikan dalam seminar / konferensi / simposium.
3. Kelompok disertasi atau tesis.
4. Kelompok makalah atau informasi dari internet.

Cara Membuat Daftar Pustaka :
Tulis nama akhir penulis buku, inisial nama depan jika sumber makalah didapat dari buku.
Tulis tahun penerbitan buku tersebut.
Tulis judul buku yang menjadi sumber materi diambil, nomor buku.
Tulis nama penerbit buku tersebut dan nama kota penerbit.
Tulis halaman buku.
Abstrak
Pengertian Abstrak:
 representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.
Cara Membuat Abstak :
Secara garis besar abstrak memuat latar belakang, metode yang digunakan, boleh memuat hasil akhir ( angka atau persamaan yang diperoleh ) dan kesimpulan.
Untuk membuat abstrak, perlu pemahaman terhadap tulisan ( laporan ) yang telah dibuat, harus mengetahui arah penelitian tersebut.
Cari kalimat yang mewakili latar belakang, metode penelitian, hasil dan kesimpulan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

DinaMaghdalena Copyright © 2009 pinkymomo Designed by muh_rendi "n"