Senin, 20 Mei 2013

Bill Gates Orang Terkaya di Dunia



Posisi orang terkaya dunia kembali direbut pendiri Microsoft Corp, Bill Gates. Sebelumnya, posisi orang terkaya sejagad yang disandang Bill sempat digeser  taipan telekomunikasi asal Meksiko, Carlos Slim yang sejak tahun 2007 bercokol di peringkat teratas. 

Berdasar indeks orang terkaya 2013 yang dirilis Bloomberg, Jumat (17/5), Bill memiliki kekayaan mencapai USD 72,7 miliar atau setara Rp 712 triliun (1 USD = 9.800). Angka itu terpaut USD 550 juta dibanding Carlos yang hanya memiliki USD 72,1 miliar (Rp 706,5 triliun). 

Yang agak mengagetkan, penambahan kekayaan Bill justru bukan dari kenaikan harga saham Microsoft yang selama ini sangat identik dengan dirinya.  Sebab, Microsoft hanya menyumbang seperempat penambahan kekayaan pria berumur 57 tahun itu.

Penambahan USD 10 miliar berasal dari berbagai investasi di pasar modal lainya.
Jumlah kekayaan USD 72,7 miliar Bill sudah dipotong USD 28 miliar yang disumbangkan pada Bill & Melinda Gates Foundation. Seperti diketahui, lembaga nirlaba ini secara rutin membantu pendidikan di negara-negara miskin serta membantu pemberantasan penyakit polio, malaria serta berbagai penyakit berbahaya lainnya di seluruh dunia.

Sebaliknya, kekayaan Slim berkurang USD 2 miliar setelah pihak berwenang Meksiko terus-terusan mengkritik America Movil sebagai perusahaan yang memonopoli jaringan telekomunikasi di negara itu. Kongres Meksiko bahkan tengah memproses undang-undang yang melarang sebuah perusahaan menguasai 50 persen pasar telekomunikasi mereka.

Penelusuran Bloomberg, America Movil kini menguasai 70 persen pasar telekomunikasi seluler serta 80 persen pasar telepon rumah. Dengan kata lain, jika kebijakan itu goal maka ada kemungkinan pada tahun depan kekayaan Slim akan kembali turun.

Adapun posisi ketiga hingga kesepuluh orang terkaya dunia versi Bloomberg adalah: CEO Berkshire Hathaway Warren Buffet dengan kekayaan USD 59,9 miliar, Amancio Ortega pemilik perusahaan pakaian asal Spanyol dengan kekayaan USD 56 miliar. Menyusul kemudian pengusaha ritel Swedia Ingvar Kamprad dengan jumlah kekayaan USD 55,5 miliar.

Sementara kakak beradik pengusaha minyak dan kimia asal Amerika Serikat, Charles dan David Koch menempati posisi keenam dan ketujuh dengan jumlah kekayaan yang sama yakni USD 45,2 miliar. Pemilik Oracle Corporation Larry Ellison dipoisi kedelapan dengan kekayaan mencapai USD 41,6 miliar.

Anak pendiri Wal-Mart yakni Christy Walton dengan kekayaan USD 37,9 miliar menempati poisis kesembilan, disusul kemudian sang adik Jim Walton yang mengeluti jenis usaha  serupa dengan kekayaan mencapai USD 36,1 miliar.

www.jpnn.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

DinaMaghdalena Copyright © 2009 pinkymomo Designed by muh_rendi "n"